Pengendalian Rayap: Jawaban untuk Pemilik Rumah

Mengapa khawatir tentang rayap?
Rayap menyebabkan kerusakan parah setiap tahun di Indonesia terutama rayap memakan kayu, tetapi juga merusak kertas, buku, insulasi, dan bahkan pelapis kolam renang dan sistem penyaringan. Rayap dapat melukai pohon dan semak hidup, tetapi lebih sering merupakan penyerbu sekunder tanaman berkayu yang sudah menurun. Meskipun rayap dapat menyerang bangunan kapan saja, mereka sangat relevan saat membeli atau menjual rumah karena laporan pemeriksaan/serangan rayap biasanya merupakan syarat penjualan. Selain dampak moneter, ribuan rayap bersayap yang muncul di dalam rumah seseorang adalah pengalaman yang menguji secara emosional belum lagi pemikiran rayap yang diam-diam berpesta dengan investasi terbesar seseorang.

Mengapa kutu sering ditemukan di musim semi?
Musim semi biasanya adalah ketika sejumlah besar rayap bersayap, yang dikenal sebagai “swarmers”, muncul di dalam rumah. Di alam, rayap berkerumun untuk membubarkan diri dan memulai koloni baru. Dipicu oleh suhu yang lebih hangat dan curah hujan, rayap bersayap muncul dari koloni dan terbang ke udara. Kerumunan kemudian jatuh ke tanah, melepaskan sayapnya, berpasangan dengan pasangannya, dan mencoba untuk memulai koloni baru di tanah. Serangga rayap yang muncul di dalam rumah tidak mampu merusak kayu dan hanya hidup sekitar satu hari. Penghapusan dapat dilakukan dengan sapu atau vakum.

Bagaimana saya tahu jika rumah saya penuh?
Menemukan rayap bersayap di dalam ruangan hampir selalu menunjukkan infestasi yang memerlukan pengobatan. Karena swarmer tertarik pada cahaya, mereka sering terlihat di sekitar jendela dan pintu. Orang sering mengacaukan rayap bersayap dengan semut, yang cenderung berkerumun pada waktu yang sama sepanjang tahun. Rayap memiliki antena lurus, pinggang menebal seragam, dan sayap berukuran sama. Sebaliknya, semut memiliki antena siku, pinggang menyempit, dan sayap depan lebih panjang dari sayap belakang.

Kawanan rayap yang muncul dari tunggul pohon, tumpukan kayu, dll. di halaman tidak selalu menimbulkan kekhawatiran, dan tidak secara otomatis berarti rumah itu penuh. Di sisi lain, jika swarmers muncul di sebelah fondasi atau dari serambi atau teras yang berbatasan, ada kemungkinan rumah itu juga penuh.

Tanda-tanda infestasi lainnya adalah tabung “lumpur” tanah yang memanjang di atas dinding pondasi, tiang penyangga, pelat ambang, balok lantai, dll. Tabung lumpur biasanya berdiameter sekitar pensil, tetapi kadang-kadang bisa lebih tebal. Rayap membangun tabung untuk berlindung saat mereka melakukan perjalanan antara koloni bawah tanah mereka dan struktur. Untuk membantu menentukan apakah infestasi aktif, tabung dapat dibuka dan diperiksa keberadaan rayap pekerja kecil berwarna putih krem. Jika tabung kosong, itu tidak berarti bahwa infestasi tidak aktif; rayap sering meninggalkan bagian tabung sambil mencari makan di tempat lain dalam struktur.

Kayu yang rusak akibat rayap dilubangi di sepanjang biji-bijian, dengan sedikit lumpur kering atau tanah yang melapisi galeri makanan. Kayu yang rusak karena kelembaban atau jenis serangga lainnya (misalnya, semut tukang kayu) tidak akan memiliki penampilan seperti ini. Kadang-kadang rayap juga membuat lubang kecil melalui dinding kering atau plester, disertai dengan potongan tanah di sekitar tepi. Jejak bergelombang atau cekung di balik penutup dinding juga bisa menjadi indikasi rayap menggali terowongan di bawahnya.

Seringkali tidak akan ada indikasi yang jelas dari infestasi. Rayap adalah makhluk samar dan infestasi dapat tidak terdeteksi selama bertahun-tahun, tersembunyi di balik dinding, penutup lantai, isolasi, dan penghalang lainnya. Makan rayap dan kerusakan bahkan dapat berkembang tanpa terdeteksi pada kayu yang terbuka karena permukaan luar biasanya tetap utuh. Konfirmasi rayap sering kali membutuhkan pengamatan yang tajam dari seorang profesional  namun, bahkan pemeriksa yang paling berpengalaman pun dapat mengabaikan tanda-tanda yang tersembunyi.

Bisakah saya merawat rumah sendiri?
Sebaiknya tidak untuk infestasi rumah. Membersihkan rumah rayap membutuhkan keterampilan khusus. Pengetahuan tentang konstruksi bangunan diperlukan untuk mengidentifikasi area kritis di mana rayap mungkin masuk. Banyak dari titik masuk potensial ini tersembunyi dan sulit diakses. Pengendalian rayap juga menggunakan peralatan khusus seperti bor batu yang kuat, tangki semprot berkapasitas besar, dan batang logam panjang untuk menyuntikkan tanah. Perawatan tipikal mungkin melibatkan ratusan galon pestisida cair, yang dikenal sebagai termitisida, yang disuntikkan ke tanah di sepanjang fondasi, di bawah pelat beton, dan di dalam dinding fondasi.

Singkatnya, pengobatan rayap adalah pekerjaan bagi para jasa basmi rayap profesional. Pengecualian yang mungkin adalah jika pos kotak surat atau benda kayu kecil lainnya yang tidak menempel pada rumah telah penuh. Produk “lakukan sendiri”, yang dijual kepada pemilik rumah di toko eceran atau dibeli melalui internet, jarang akan menghilangkan masalah rayap yang ada.

Bagaimana cara memilih perusahaan rayap? Mengapa ada perbedaan harga seperti itu?
Ini adalah pertanyaan yang kompleks. Perusahaan harus dilisensikan oleh Departemen Pertanian atau lembaga yang bertanggung jawab untuk mengatur pengendalian rayap di negara bagian Anda. Keanggotaan dalam asosiasi pengendalian hama negara bagian mereka dan/atau Asosiasi Pengendalian Hama Nasional menunjukkan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan mapan dengan akses ke informasi teknis dan pelatihan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Seperti halnya layanan apa pun, referensi sangat membantu. Pertimbangkan untuk menelepon setidaknya beberapa perusahaan. Meminta inspeksi dan perkiraan dari lebih dari satu akan membantu memverifikasi keberadaan serangan rayap dan memungkinkan Anda untuk membandingkan layanan.

Perusahaan menawarkan berbagai jenis metode perawatan dan jaminan. Jika rayap kembali, sebagian besar akan mundur ke area yang terkena tanpa biaya tambahan. Beberapa perusahaan juga akan memperbaiki kerusakan yang terjadi setelah perawatan mereka, meskipun tanggal timbulnya kerusakan rayap adalah hal yang sulit untuk ditentukan. Dalam beberapa kasus, tidak ada garansi yang akan ditawarkan jika sumur, sistem drainase, saluran panas sub-slab, atau ruang merangkak yang tidak dapat diakses membuat tidak mungkin untuk diolah sesuai dengan standar industri.

Luangkan waktu Anda saat memilih perusahaan. Rayap merusak kayu secara perlahan; jumlah kerusakan yang disebabkan oleh mengambil satu hari, minggu, atau bulan tambahan untuk membuat keputusan yang diinformasikan umumnya tidak penting. Hindari perusahaan yang mencoba menekan Anda untuk segera menandatangani kontrak dengan taktik spesial atau menakut-nakuti. Kualitas pekerjaan secara keseluruhan kurang bergantung pada tenaga penjualan daripada individu yang pada akhirnya melakukan pekerjaan itu. Perawatan rayap yang aman dan efektif membutuhkan teknisi yang berpengalaman, bukan seseorang yang disewa beberapa minggu lalu.

Metode perawatan mana yang paling efektif?
Ada dua kategori umum pengobatan rayap cairan dan umpan. Termitisida cair telah ada selama beberapa dekade. Tujuannya adalah untuk memberikan “penghalang” tahan lama di dalam tanah yang mencegah rayap masuk dan menyerang bangunan. Dalam kebanyakan kasus, rayap yang sudah berada di dalam bangunan juga mati, karena mereka tidak dapat kembali ke tanah untuk mendapatkan kelembapan tambahan. Sebagian besar termitisida cair sebelumnya bersifat penolak daripada mematikan rayap yang mencari makan di tanah.

Kategori pengobatan lainnya adalah umpan. Umpan rayap terdiri dari makanan berbasis selulosa yang dikombinasikan dengan zat yang bekerja lambat yang mematikan rayap. Umpan dipasang di bawah tanah di halaman di stasiun plastik silinder. Jenis stasiun umpan lainnya terkadang juga dipasang di dalam ruangan di atas tabung lumpur aktif. Rayap yang mencari makan memakan umpan dan membaginya dengan teman sarang mereka, yang mengakibatkan penurunan jumlah rayap secara bertahap. Pada beberapa properti, umpan mungkin merupakan satu-satunya bentuk perawatan; pada yang lain, mereka dapat dilengkapi dengan aplikasi cair ke area di mana rayap diamati.

Terlepas dari pendekatan mana yang digunakan, penting untuk memiliki teknisi berpengalaman, yang didukung oleh perusahaan pengendalian hama yang andal.

Apakah seluruh rumah membutuhkan perawatan, atau dapatkah mereka mengobati di mana mereka melihat rayap?
Koloni rayap bawah tanah mungkin berisi ribuan individu yang mencari makan di berbagai arah. Untuk alasan ini, perawatan “spot” lokal biasanya merupakan pertaruhan kecuali dalam kasus pemulihan terkait garansi. Sebagian besar perusahaan pengendalian hama terkemuka tidak akan menjamin perawatan di tempat, karena kemungkinan rayap pada akhirnya akan menemukan titik masuk lain ke dalam gedung.

Banyak perusahaan menawarkan apa yang disebut aplikasi “perimeter”, menggunakan produk cair seperti Termidor®. Biasanya, ini melibatkan perawatan di seluruh bagian luar rumah, dan perawatan di tempat mana pun area interior yang terinfeksi atau berisiko tinggi. Karena keandalan perawatan tersebut, sebagian besar perusahaan juga menawarkan garansi jika rayap kembali. Jaminan tersebut biasanya menetapkan bahwa perusahaan akan kembali dan mundur ke daerah yang terkena dampak tanpa biaya tambahan asalkan pembaruan tahunan dipertahankan. Ini adalah sedikit perjudian untuk membeli pengobatan rayap tanpa perjanjian layanan yang berkelanjutan.

Berapa lama perawatan akan berlangsung?
Semua termitisida cair seharusnya mengendalikan rayap setidaknya selama lima tahun bila diterapkan sesuai dengan petunjuk label. Durasi kontrol di setiap rumah akan tergantung pada beberapa faktor, termasuk: produk termitisida mana yang digunakan, ketelitian aplikasi, area negara, kondisi lingkungan setempat, dan kepadatan rayap di properti. Jika rayap berkerumun dan terus menyerang struktur setahun setelah perawatan, itu bukan karena degradasi termitisida—melainkan, karena hama telah menemukan celah yang tidak diobati pada penghalang kimia.

Apakah bahan kimia tersebut akan membahayakan keluarga atau hewan peliharaan saya?
Termitisida diuji secara ekstensif untuk efek buruk pada kesehatan. Sebelum suatu produk dapat digunakan, banyak penelitian dilakukan oleh produsen dan dievaluasi secara independen oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS. Berdasarkan pengetahuan saat ini, termitisida terdaftar tidak menimbulkan bahaya yang signifikan bagi manusia, hewan peliharaan, atau lingkungan bila diterapkan sesuai dengan petunjuk label. Meskipun risiko kesehatan yang dapat diabaikan dari perawatan rayap yang dilakukan dengan benar, mereka yang masih memiliki kekhawatiran harus berkonsultasi dengan dokter mereka. Sebagian besar produk cair yang lebih baru pada dasarnya tidak berbau. Orang-orang yang tetap khawatir mungkin ingin mempertimbangkan agar rumah mereka dirawat dengan umpan.

Apakah saya pernah “tertipu” jika rayap terus menyerang rumah saya setelah perawatan?
Belum tentu. Tidak seperti layanan lain seperti pipa atau pekerjaan listrik, pengendalian rayap melibatkan makhluk hidup. Bahkan perawatan terbaik yang dilakukan oleh perusahaan pengendalian hama yang berpengetahuan luas terkadang gagal, ketika rayap menemukan jalan mereka melalui celah yang tidak dirawat di tanah. Meskipun tujuannya adalah untuk membangun penghalang kimia yang berkelanjutan dan tidak dapat ditembus, hal ini sulit dicapai dalam praktik yang sebenarnya. Dalam hal umpan, mungkin diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan bagi rayap untuk menemukan instalasi di bawah tanah dan berbulan-bulan lagi untuk mencapai kendali.

Kuncinya adalah menyewa perusahaan pengendalian hama terkemuka yang mempekerjakan teknisi berpengalaman dan teliti. Perusahaan akan kembali dan mundur ke daerah yang terkena dampak tanpa biaya tambahan asalkan pelanggan membeli dan mempertahankan garansi mereka.

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *