Kubah Masjid Terkenal Di Dunia

Masjid Al Haram-Mekah, Arab Saudi

Ini adalah masjid ibadah paling terkenal di dunia. Menurut Al-Qur’an, itu adalah rumah pertama yang dibangun untuk umat manusia untuk beribadah kepada Allah. Ini adalah masjid terbesar di dunia dan mengelilingi Ka’bah, tempat paling suci bagi umat Islam. Struktur saat ini mencakup area seluas 99 hektar dan mencakup ruang berdoa di dalam dan luar ruangan. Selama periode haji, dapat menampung hingga 4 juta orang.

Masjid Faisal Islamabad-Pakistan

Ini adalah masjid terbesar keempat Jasa Kontraktor Kubah Masjid Enamel di dunia dan terbesar di Asia Tenggara dan Selatan. Dari 1986 hingga 1994, itu adalah masjid terbesar di dunia sebelum selesainya Hassan II di Maroko. Selama bertahun-tahun, pusat ibadah telah terpilih sebagai salah satu tempat terindah di dunia.

Sheikh lotfallah-iran

Dibangun antara 1602 dan 1619 pada masa pemerintahan Shah Abbas I. Selain sebagai pusat ibadah, ia memiliki peran lain. Ini juga berfungsi sebagai rumah sakit, mint kerajaan, caravanserai kerajaan, dan pemandian.

Masjid Taj ul-Bhopal, India

Terletak di Bhopal, India, masjid Taj ul juga dikenal sebagai mahkota masjid. Menampilkan fasad merah muda, pusat ibadah memiliki dua menara 18 lantai dengan kubah marmer. Ini juga memiliki kubah bulat, lantai marmer, dan lorong besar. Ada juga gerbang dua lantai yang memiliki empat lengkungan tersembunyi. Meskipun peran utamanya adalah sebagai masjid, masjid ini juga berfungsi ganda sebagai sekolah Islam di siang hari.

Wazir Khan-Lahore, Pakistan

Itu terletak di kota utara Lahore di Pakistan di salah satu jalan tersibuk di daerah tersebut. Masjid ini telah berdiri sejak abad ke-17 dan merupakan salah satu landmark terpenting di kota ini. Yang membuat tempat ibadah ini menarik adalah warna dan lukisannya. Baik di dalam maupun di luar masjid terdapat lukisan fresco dan ubin. Lukisan-lukisan itu menampilkan berbagai macam warna seperti hijau, biru langit, kuning, ungu, oranye, dan kobalt.

Masjid Biru-Istanbul

Itu salah satu landmark di Istanbul. Ini membanggakan enam menara seperti jarum dan serangkaian kubah dan setengah kubah. Dibangun pada masa pemerintahan penguasa Ottoman Ahmed I antara 1609 dan 1616. Selain kubah yang menarik, masjid ini juga memiliki langit-langit tinggi yang menampilkan 20.000 ubin Iznik biru. Ubin memiliki pohon dan bunga dengan pola yang berbeda.

Ubudiah-kuala Kangsar, Malaysia

Ini membanggakan diri dari empat menara dan kubah emas yang dirancang oleh seorang arsitek Inggris, Arthur Benison Huback. Huback mendirikan pusat peribadatan atas perintah Sultan Idris Mushidul Azam Syah yang telah berikrar akan membangun masjid yang indah sebagai ucapan syukur setelah sembuh dari sakit.

 

 

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *